Selamat datang di Naldotri.Blogspot.CoM

Virus Sality.Y Yang Menjengkelkan

Wednesday, July 15, 20094comments

Virus sality adalah virus menjengkelkan.. Virus ini banyak variannya, virus sality varian y beberapa hari yang lalu menginfeksi laptop saya. Baru kali ini saya menemukan virus yang tipikalnya beda dengan virus lain. Virus ini sulit dibasmi. Virus ini mampu dideteksi oleh antivirus avira premium saya tapi sayangnya g biasa di repair… padahal udah premium. Memang ada sih tulisan repair di antivirus tersebut, tapi pas click repair eh bukannya repair tapi dihapusnya (move to quarantine) file yang terinfeksi virus tersebut.

Beberapa karakterisktik virus sality.y ini yang saya ketahui setelah terinfeksi virus ini :

- mampu mendisable task manager

- mampu menginfeksi registry dan mendisable regedit

- berdiam (resident) di memory

- menginfeksi file EXE tapi file tersebut masih bisa dijalankan.

- Cepat menggandakan diri dengan menginfeksi file EXE tersebut walaupun file EXE tersebut tidak dijalankan. Bayangkan saja ratusan file EXE saya terinfeksi virus ini padahal saya tidak menjalankan file EXE tersebut. Avira saya tidak habis-habisnya mengumandangkan alerts karena begitu banyaknya file yang terinfeksi, dan kalo saya repair.. habislah seluruh program saya. Jadinya saya matikan Antivir Guardnya.

- menginfeksi flashdisk yang diplug di komputer yang terinfeksi. Virus ini membuat file autorun.inf dan file virus berukuran kira-kira 171KB. Autorun ini akan otomatis menjalankan file virus tersebut bila kita membuka flashdisk tersebut bukan dengan jalan dari explorer.

- membuat komputer tidak dapat dijalankan dengan safe mode

Katanya juga virus ini banyak beredar di Indonesia.

Cara menghapusnya :

Dengan software Sality Off dari Karspersky (dapat didownload disini). Software ini mampu membersihkan virus ini dengan baik. File-file EXE yang terinfeksi bisa kembali seperti semula, namun ada juga yang jadi rusak (hanya sedikit), dari pada antivirus lain yang benar-benar menghapus file EXEnya.. ibarat membunuh orang yang terjangkit virus mematikan agar tidak terjadi wabah padahal yang seharusnya dibunuh virusnya. Software sality remover dari Grisoft tidak mampu mendeteksi virus ini.

Semoga bermanfaat.

Share this article :

+ comments + 4 comments

July 20, 2009 at 8:47 PM

Untungnya komputer saya belum pernah terinfeksi virus Sality.Y yang menjengkelkan itu. Sebagai persiapan awal, kayaknya saya perlu download Sality Off sekarang juga. Makasih udah dikasih link, sangat bermanfaat. :-/

PS:
Waiting your comment back

Anonymous
July 26, 2009 at 6:13 AM

Benar2 bikin pusing ya.. virus ini. Saya sering bgt nginstal ulang OS gara2 virus.

September 14, 2009 at 8:52 PM

Pakai smadav aja, ampuh banget menghajar Sality. Bisa didownload gratis di www.smadav.net

February 23, 2010 at 9:43 PM

@kharis : Sama2 Mas..

Post a Comment

 

Copyright © 2011. Toturial Dan Free Down Load - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger